Sejarah Fakultas

Sejarah Fakultas Komputer dan Teknik

Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta resmi berdiri dan diselenggarakan oleh Yayasan Alma Ata pada tanggal 21 Desember 2015 sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 155/KPT/I/2015. UAA merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (UNIVERSITAS) Alma Ata yang berdiri sejak tanggal 29 Juni 2006 sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 108/D/0/2006, dan Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STIA) Alma Ata. Universitas Alma Ata saat ini mempunyai lima (5) fakultas yang terdiri dari; (1) Fakultas Komputer (FKOM), (2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP), (4) Fakultas Agama Islam (FAI), dan (5) Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES). Pada tahun 2021 ini, terjadi perubahan perubahan nama Fakultas dan Pengelompokan Program Studi di lingkungan Universitas Alma Ata dengan No. SK Rektor : 195/A/SK/UAA/XI/2021 yang berdampak pada perubahan nama fakultas yakni Fakultas Komputer dan Teknik. Tujuan perubahan ini untuk mengembangkan prodi-prodi baru di masa depan dengan latar belakang di bidang engineering/Teknik. Persaingan Global dan era digital saat ini menuntut universitas untuk selalu berkembang dalam meningkatkan kualitas Pendidikan.

FKT UAA Yogyakarta saat ini mengelola dua program studi yakni Prodi S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta di bawah LLDIKTI Wilayah V wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Setiap bidang tersebut akan dikembangkan secara terarah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Alma Ata. Fakultas Komputer mengacu kepada Sistem Nilai dasar UAA yang berlandaskan kepada nilai-nilai ajaran Islam rohmatal lil Alamien untuk membangun keunggulan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi guna mewujudkan visi dan misi Universitas. Sistem nilai ini digunakan juga sebagai landasan kerja bagi seluruh pengelola dan stafnya. Sistem nilai yang ada di Universitas Alma Ata mengacu pada tiga Core Values atau Nilai-Nilai Utama yaitu (1) Alma Ata, (2) We Are Healthy, dan (3) LIFE. Alma Ata berasal dari bahasa arab yaitu kata “Ata” yang berarti hadir dan “Alima” yang berarti dengan dasar ilmu. Jadi dimaksudkan Alma Ata hadir (ATA) ditengah masyarakat untuk membangun masyarakat yang profesional, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan, dan mengedepankan kaidah-kaidah ilmiyah sebagai landasan setiap amal perbuatannya (ALIMA). Alma Ata juga merupakan deklarasi kesehatan dunia yang dideklarasikan tahun 1978. Dari deklarasi tersebut muncul gagasan untuk mewujudkan kesehatan untuk semua (health for all). Outcome yang diharapkan dari lahirnya deklarasi ini adalah bahwa kita semua akan menjadi orang-orang yang sehat (we are healthy). Sedangkan we are healthy tersebut dalam kontek sebagai salah satu nilai dalam sistim nilai ALMA ATA.

Sesuai dengan nilai luhur yang tercantum dalam namanya, Alma Ata yang kelahirannya dibidani oleh para cendekiawan muslim dan ulama pesantren hadir (ATA) di bumi Indonesia ini untuk meneruskan risalah Rasulullah SAW dengan mencetak sumberdaya manusia yang profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah-kaidah ilmiah sebagai landasan setiap amal perbuatannya (ALIMA), ber-akhlak mulia, dan dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai ajaran Islam mengabdi untuk kepentingan umat. Alma Ata lahir sebagai tanggapan para cendekiawan muslim dan para ulama di lingkungan Pondok Pesantren Yayasan Ali Masduqi dan Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum terhadap perkembangan zaman, kecenderungan perubahan peradaban, pola hidup dan perilaku manusia dewasa ini, dan merupakan bagian dari refleksi tanggung jawab moral keagamaan untuk membuktikan bahwa “Islam is always suitable anytime and anywhere” bahwa “Islam sholichun fi kulli zaman wa makan”.