Kulkas Samsung Menjadi Pusat Kontrol Smart Home dan Menggunakan Perintah Suara

Kulkas Samsung Menjadi Pusat Kontrol Smart Home dan Menggunakan Perintah Suara

https://tekno.kompas.com/

S1 Informatika Alma Ata – Melalui acara peluncuran, Kamis (27/1/2022) Samsung resmi memboyong kulkas pintar model side-by-side terbarunya ke Indonesia, yaitu Samsung Family Hub. Seperti tidak ada habisnya, teknologi di dunia Samsung selalu memberi kejutan. Seperti namanya, kulkas terbaru Samsung ini sudah dilengkapi layar sentuh yang bisa digunakan sebagai pusat control (hub) untuk menghubungkan berbagai perangkat yang ada di dalam rumah.

Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Melvin Rubianto, mengatakan bahwa perangkat-perangkat yang bisa dihubungkan ke Samsung Family Hub cukup beragam, khususnya yang memiliki SmartThings.

SmartThings sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengontrol perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang digunakan pada rumah cerdas. IoT merupakan sebuah objek yang memiliki kemampuan mengirimkan menggunakan jaringan tanpa menggunakan perangkat komputer dan manusia. “Kulkas ini bisa dihubungkan ke semua perangkat Samsung yang memiliki SmartThings dan konektivitas WiFi, seperti Air Purifier, AC, Smart TV, dan lainnya”, tutur Melvin.

Perangkat-perangkat yang terhubung nantinya bisa langsung dioperasikan, misalnya dinyalakan atau dimatikan melalui layar sentuh kulkas. Pengguna juga bisa menggunakan perintah suara pada perangkat pintar yang sudah terhubung pada Samsung Family Hub.

Asisten digital yang didukung kulkas Samsung Family Hub ini hanya assistant buatan Samsung sendiri, yaitu Bixby (asisten pintar dengan kecanggihan artificial intelligence layaknya Appel Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant), meskipun belum tersedia dukungan Bahasa Indonesia.

“Google Assistant sejauh ini belum tersedia, dukungan asisten digital Bixby berbahasa Indonesia juga belum tersedia, dan saat ini dalam proses pengembangan”. Kata Melvin.

Melvin juga mengatakan Samsung Family Hub tidak hanya bisa dihubungkan dengan ponsel bermerk Samsung, namun bisa menggunakan aplikasi SmartThings yang sudah tersedia di toko aplikasi Play Store pada android dan App Store pada iOS juga semua perangkat yang memiliki SmartThings bisa dihungkan dengan kulkas yang teranyarnya itu.

Di Indonesia, Samsung Family Hub hadir dengan varian berwarna hitam dan dibanderol Rp. 30 juta. Kini, kulkas cerdas tersebut sudah bisa dibeli di sejumlah toko resmi Samsung baik online  maupun offline.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.

*