Mengenal Arduino

Mengenal Arduino
arduino

Photo by Daniel Andrade on Unsplash

Oleh : Masikin | 193200055

Fakultas Komputer dan Teknik Alma Ata – Di Era  Industri 4.0 sekarang  ini, Perkembangan Teknologi mikrokontroler sangatlah cepat. Salah satunya yaitu Arduino. Di Artikel ini kita akan membahas Apa itu Arduino terutama pada board dan programnya kepada pemula. Terdapat banyak sekali pengertian tentang Arduino dan jenis Arduino. Namun di artikel ini tidak akan membahas semua jenis-jenis Arduino satu persatu, namun akan membahas dasar-dasar Arduino, maupun dasar pemrograman Arduino yang sangat penting untuk dipelajari. Mari kita mulai membahas Pengertian Arduino. 

APA ITU ARDUINO ?

Arduino adalah sebuah alat pengendali mikro single-board,bersifat open source yang dapat dirancang untuk memudahkan seorang pengguna  elektronik di berbagai bidang industri dan keperluan lainnya. Hardwarenya ditenagai SOC Atmel AVR dan softwarenya mempunyai beberapa bahasa pemrograman tersendiri.

Arduino merupakan sebuah alat yang sifatnya open source, Ditujukan kepada mereka yang ingin membuat sebuah alat prototype elektronik interaktif berdasarkan  penggunaan hardware dan softwarenya yang bersifat fleksibel. Mikrokontroler arduino ini dapat  diprogram dengan bahasa pemrograman arduino yang hampir sama syntaxnya dengan bahasa pemrograman C. Karena bersifat open source maka siapa saja dapat mendownload skema hardware dan merancang sendiri Arduinonya.

Arduino menggunakan mikrokontroler berjenis ATMega yang diproduksi oleh Atmel, namun ada beberapa perusahaan yang membuat tiruan board arduino dengan mikrokontroler  jenis lain, tetapi tetap kompatibel dengan perangkat lunak Arduino IDE. dengan begitu arduino memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam memasukan program melalui bootloader,meskipun terdapat opsi lain untuk mem-bypass bootloader  tersebut,menggunakan downloader file .hex dalam pemrograman mikrokontroler  melalui port ISP.

Layanan Platform Arduino  sekarang ini  mulai  populer di kalangan orang orang  yang ingin mulai hal baru di bidang elektronik. Tidak seperti mayoritas papan PCB  yang bisa diprogram sebelumnya.Arduino tidak membutuhkan hardware terpisah (downloader) untuk meng upload  codingan ke dalam board PCBnya.Kita hanya memerlukan kabel data USB untuk mengupload codingannya. Selain itu, Arduino IDE hanya memerlukan bahasa pemrograman  C++ yang sudah disederhanakan, hal ini dapat memudahkan  pengguna  baru dalam mempelajari  pemrograman Arduino.

APA FUNGSI ARDUINO?

Perangkat lunak dan perangkat keras  Arduino,dirancang untuk memudahkan seniman, penggemar,pemula, perancang, peretas, dan siapa pun yang memiliki minat untuk merancang objek atau produk interaktif. Arduino dapat terhubung dengan tombol,  kamera,unit GPS,internet,motor, LED, speaker, dan bahkan dengan smartphone anda. Fleksibilitas ini juga didukung dengan  fakta bahwa perangkat lunak Arduino dapat diunduh tanpa berbayar, harga papan hardware atau boardnya cukup murah, dan mempelajari Arduino cukuplah  mudah . Fakta lainya,komunitas  arduino memiliki pengguna yang cukup besar dan berkontribusi menghasilkan source code dan library untuk merancang berbagai macam Proyek  Arduino. 

APA KELEBIHAN ARDUINO?

Murah atau Terjangkau

Papan atau Board (perangkat keras) Arduino biasanya dijual relatif murah (antara 299ribu hingga 799 ribuan rupiah saja) dibandingkan dengan platform mikrokontroler pro lainnya. Jika ingin lebih murah lagi, tentu bisa dibuat sendiri dan itu sangat mungkin sekali karena semua sumber daya seperti rangkaian untuk membuat Arduino sendiri tersedia lengkap di website Arduino.cc bahkan di website-website komunitas Arduino lainnya juga ada. Tidak hanya untuk Windows, arduino juga  bisa dioperasikan di Linux dan MacOS.

Pemrogramannya Sederhana dan Mudah

Perlu diketahui bahwa lingkungan pemrograman di Arduino mudah digunakan untuk pemula, dan cukup fleksibel bagi mereka yang sudah tingkat lanjut. Untuk guru maupun dosen, Arduino berbasis pemrosesan pemrograman , sehingga murid murid atau mahasiswa jika sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrosesan  tentu akan  sangat mudah dalam mengoperasikan Arduino. Bahasa pemrograman  yang dapat digunakan Arduino adalah bahasa C++.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih