Chrome dan Android Gunakan Passkeys, Sebagai Bentuk Bangun Infrastruktur Tanpa Password

Chrome dan Android Gunakan Passkeys, Sebagai Bentuk Bangun Infrastruktur Tanpa Password

Chrome dan Android Gunakan Passkeys, Sebagai Bentuk Bangun Infrastruktur Tanpa Password

https://thehackernews.com/

Oleh : Agfa Oktaviana | 193200037

Fakultas Komputer dan Teknik Alma Ata – Beberapa bulan lalu Google telah mengumumkan bahwa penggunaan fitur passkeys akan segera tersedia di Android dan Chrome sebagai bentuk upaya besar dari Google untuk menggantikan kata sandi (password less future) di masa depan.

Passkeys adalah kunci digital unik yang memiliki kelebihan seperti mudah digunakan, menjaga rahasia lebih aman, tidak pernah disimpan di server web, dan tetap tersimpan di perangkat para penggunanya. Kelebihan dari penggunaan passkeys ini adalah jauh lebih aman, sehingga para hacker dan cracker tidak dapat mencuri passkeys sebagai bentuk pelanggaran data atau mengelabui pemilik dengan cara menyebarluaskan data.

Verifikasi ID Wajah dan ID Sentuh memberi kenyamanan dan biometrik yang dapat kami capai dengan iPhone. Sehingga kamu tidak perlu membeli perangkat lain, juga tidak perlu mempelajari kebiasaan baru.

Pada dasarnya, passkeys disebut kriptografi kunci publik. Dengan adanya passkeys sebagai kunci pribadi, akan menjad fitur pengamanan pada perangkatmu yang akan menjaga dan merahasiakan di dalam perangkat yang kamu miliki, dan ada kunci publik yang masuk ke server web. Adanya passkeys membuat phising tidak mungkin dilakukan karena kamu hanya mengotentikasi menggunakan perangkat kamu. 

Jika saat ini kamu masih menggunakan pengelola kata sandi terbaik untuk mendapatkan sandi yang kompleks, kuat, bahkan yang sedikit sulit di setiap akun online yang kamu miliki, kata sandi tersebut masih bisa diretas. Hal ini dapat terjadi karena banyak layanan online menggunakan otentikasi dua faktor (2FA) untuk lebih mengamankan akun yang kamu miliki.

Masalah dengan 2FA atau bahkan otentikasi multi-faktor (MFA) adalah kenyataan bahwa peretas dapat menggunakan serangan man-in-the-middle berbasis SMS untuk mencuri kode sandi satu kali yang dikirim melalui teks untuk masuk ke akun yang kamu miliki. Ini dapat dilakukan dengan menyuap seseorang di wireless simcard milikmu melalui proses yang dikenal sebagai hijacking SIM.

Apa itu passkeys dan bagaimana cara kerjanya?

Passkeys adalah kunci digital unik yang merupakan alternatif untuk menjaga perangkatmu lebih aman dibanding menggunakan kata sandi tradisional karena tidak dapat digunakan kembali dan tidak dapat disimpan dalam format terenkripsi di perangkat yang kamu miliki.

Pada passkeys, kamu tidak perlu membawa perangkat tambahan karena sudah disimpan dengan aman di ponsel atau komputer kamu. Kunci sandi didasarkan pada kriptografi kunci publik di mana kunci pribadi rahasia disimpan di perangkat yang kamu miliki sementara kunci publik disimpan di server web. Dengan begitu, peretas tidak dapat dengan mudah mendapatkan akses ke kunci pribadi kamu, perangkat dan akun yang kamu miliki jauh lebih sulit untuk diretas.

Kamu dapat mencoba Kata Sandi di Google Pengelola Kata Sandi

Pengelola Kata Sandi Google mencadangkan dan menyinkronkan kunci sandi di Android. Jika kamu kebetulan memiliki dua perangkat Android – misalnya ponsel yang satu Android dan yang satu tablet Android, kunci sandi yang dibuat di satu perangkat juga tersedia di perangkat lainnya. 

Google Pengelola Kata Sandi juga menggunakan enkripsi end-to-end. Jadi, pada saat kunci sandi mulai dicadangkan, kunci pribadi akan dicadangkan menggunakan enkripsi yang hanya dapat diakses dari perangkat pemiliknya. Hal ini akan membantu melindungi kunci sandi dari peretas dan mencegah Google mengaksesnya. 

Langkah awal untuk menggunakan kunci sandi di Google Pengelola Kata Sandi, persiapkan kunci layar di perangkat Android kamu. Langkah ini bertujuan untuk mencegah orang lain yang mungkin memiliki akses ke ponsel menggunakan salah satu kunci sandi milikmu. 

Jika sudah diberi petunjuk untuk masuk, kamu dapat menggunakan kunci sandi yang tersimpan bersama dengan kunci layar, sidik jari, atau sensor wajah. Agar bisa masuk ke situs Chrome menggunakan desktop atau laptop, kamu bisa menggunakan kunci sandi sebagai aksesnya dengan cara memindai kode QR di komputer kamu supaya masuk tetap aman.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih