7 Tools Screenshot untuk Windows dan Mac OS recomended 2023!

7 Tools Screenshot untuk Windows dan Mac OS recomended 2023!

7 Tools Screenshot untuk Windows dan Mac OS recomended 2023!

Screenshot atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang memiliki banyak kegunaan. Dengan fitur tersebut, kalian bisa menyimpan sesuatu yang ingin kalian simpan, seperti screenshot judul paper yang sedang kalian cari namun belum sempat kalian baca seluruhnya. Atau screenshot quotes yang bisa memotivasi diri.

Biasanya pada beberapa perangkat personal komputer ataupun laptop telah tersedia tools bawaan yang bisa digunakan untuk screenshot. Meski begitu, tentu masih ada di sebagian komputer atau laptop yang membutuhkan tools untuk melakukan screenshot melalui pihak ketiga.

baca juga; 7 Perbedaan SSD dengan HDD

Dibawah ini ada 7 Aplikasi Screenshot untuk Windows dan Mac OS paling recomended 2023 yang bisa banget untuk kalian manfaatkan. Apa saja? Yuk mari kita kulik satu persatu.

  1.     Lightshot

Ada yang sudah pernah mendengar nama tools yang satu ini? Atau justru kalian sudah pernah memakainya? Tools Lightshot in sangat simpel dan mudah digunakan dengan fitur yang cukup banyak ditawarkan namun dikemas dengan ringkas. Ketika kalian mengaktifkan tools Lightshot, aplikasi tersebut akan menampilkan area kotak transparan gelap dan terang. Kalian bisa menggeser atau mengubahnya sesuai dengan area yang ini kalian screenshot.

Jika kalian sudah selesai memilih area yang akan di screenshot, kalian bisa memiliki untuk menyimpannya dengan mengklik ikon save ataupun menyalin dengan mengklik ikon copy. Mudah sekali bukan?

  1.     Snipping Tool

Nah kalau untuk tools atau aplikasi yang satu ini pasti kalian sudah tidak asing lagi kan? Snipping tools merupakan aplikasi untuk screenshot dari pihak ketiga yang secara langsung disematkan kepada pengguna windows mulai dari windows 7 hingga windows 10. 

Apa kegunaan utamanya? Tentu saja untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot secara penuh, atau hanya di beberapa area tertentu sesuai yang kalian inginkan. Snipping Tool juga berguna ketika mahasiswa prodi informatika ingin mengambil tangkapan layar kode atau tampilan aplikasi yang mereka pelajari dalam konteks pemrograman atau pengembangan perangkat lunak.

  1.     Skitch

Untuk tools yang satu ini adakah yang sudah pernah mendengarnya? Skitch merupakan aplikasi screenshot multiplatform yang bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac Os. Skitch menawarkan tiga fitur untuk melakukan screenshot, yang pertama yaitu region, black dan full screen. Sama seperti tools screenshot sebelumnya, dengan skitch kamu juga bisa mengedit screenshot kamu lho!

  1.     ShareX

ShareX merupakan aplikasi open source yang artinya bisa kalian download dan kalian gunakan secara gratis! Sangat menyenangkan bukan jika mendapat sesuatu yang gratis?

Meskipun gratis, fitur yang dimiliki ShareX tidak kalah dengan aplikasi atau tools berbayar lho! Apa saja sih fiturnya? Kalian bisa melakukan scrolling capture atau melakukan tangkapan layar panjang di berbagai aplikasi, bahkan kalian juga bisa menambahkan watermark pada hasil tangkapan layar.

Selain itu tools ini juga sangat berguna bagi mahasiswa  prodi Informatika untuk berkolaborasi dengan tim atau anggota kelompok studi dalam proyek pengembangan perangkat lunak atau proyek penelitian. Skitch juga memungkinkan mahasiswa untuk menandai dan memberikan penjelasan visual pada kode pemrograman, diagram, dan skema algoritma. Tidak hanya sampai disitu, keunggulan yang dimiliki ShareX adalah hasil screenshot kalian bisa dibagikan ke berbagai platform. Tools yang satu ini meskipun gratis, ternyata juga bebas iklan. Sehingga tidak akan mengganggu kegiatan kamu ketika sedang menggunakannya.

  1.     Snagit

Tools yang satu ini mungkin terdengar kurang familiar di telinga kalian ya? Tentu saja karena tools yang satu ini didesain untuk pemakaian profesional. Fitur yang disediakan pun berbeda dari yang lain,  tidak hanya fitur untuk menangkap layar. Kalian juga bisa membuat video ataupun GIF dengan menggunakan Snagit. Sangat berguna jika digunakan oleh para konten kreator bukan?

  1.     TinyTake

Selanjutnya ada aplikasi bernama TinyTake yang juga bisa kalian gunakan untuk menangkap layar. Tapi gak Cuma itu lho, aplikasi ini bisa kalian pakai untuk mengambil video maupun foto. TinyTake hadir dalam dua versi, selain versi gratis ada juga versi berbayar. Yang tentu saja memiliki fitur yang lebih lengkap seperti pengguna bisa memberikan anotasi pada hasil screenshot. Tapi sayangnya tools ini sedikit ribet, kalian harus login terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan hasil tangkapan layar.

  1.     PicPick

Namanya terdengar unik dan lucu ya? Sudah ada yang tahu atau pernah menggunakan tools yang satu ini? Kalian pasti hampir semua pengguna windows pernah membuka atau menggunakan microsoft paint bukan? Aplikasi PicPick terlihat seperti menggabungkan antara kemampuan untuk menangkap layar sekaligus editing yang beda dari lainya. Kalian bisa menambahkan teks, gambar atau merubah bentuk. Hampir sama seperti jika kalian mengedit menggunakan microsoft paint.

Itu dia 7 Tools Screenshot untuk Windows dan Mac OS recomended 2023! yang bisa kalian gunakan di laptop maupun personal komputer milik kalian. bisa kalian coba satu persatu dan temukan mana yang paling cocok serta mana yang paling sesuai dengan kalian. Selamat mencoba ya!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi bisa mampir ke prodi informatika terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

 Refrensi

  1. Zain, “10 Rekomendasi Aplikasi Screenshot Laptop dan PC Terbaik,” IDN Times, Dec. 28, 2022. https://www.idntimes.com/tech/trend/laili-zain-damaika-1/aplikasi-screenshot-laptop-1?page=all (accessed May 23, 2023).

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih