Teknologi Digital Bagi Milenial

Teknologi Digital Bagi Milenial

Teknologi Digital Bagi Milenial

 

Author: Nurohman

freepik.com

Kaum Milenial adalah sebutan untuk generasi yang lahir antara awal 1980-an hingga akhir 1990-an atau awal 2000-an. Sebutan ini digunakan untuk mengidentifikasi kelompok orang yang memiliki karakteristik dan pengalaman yang mirip, yang dianggap berbeda dari generasi sebelumnya dan sesudahnya. Tak hanya itu saja namun para Kaum milenial merupakan generasi yang berkemampuan, memiliki semangat yang sangat tinggi dan juga memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam melakukan pengembangan, meningkatkan dan juga memajukan suatu negara Dalam mencapai revolusi di suatu negara, biasanya dipimpin oleh kaum milenial yang menggunakan sistem informasi. Karena berbagai perkembangan yang mendorong teknologi digital di Indonesia, generasi milenial semakin terpacu untuk mengembangkan dan memanfaatkannya. Teknologi digital memiliki keistimewaan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi milenial di Indonesia. Manfaat dari Teknologi Digital adalah membantu pekerjaan dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyampaikan informasi, dan memberikan informasi  tersebut secara cepat, tepat, berkualitas dan efisien melalui sistem informasi yang mereka kuasai.

baca juga; 14 Dasar shorcut untuuk windwos 

Teknologi Digital Bagi Milenial sudah meluas dan memajang diri dalam berbagai aspek kehidupan. Pada era digital saat ini, banyak kaum milenial di Indonesia memanfaatkan berbagai jenis teknologi digital pada bidang telekomunikasi. Sebuah riset mencatat yang dilansir oleh wearesosical.sg bahwa pada tahun 2017 terdapat lebih dari 132 juta pengguna internet di Indonesia dengan memiliki angka pertumbuhan sebanyak 51% hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Pada saat ini hampir semua masyarakat Indonesia khususnya para kaum milenial di Indonesia telah bertelekomunikasi dengan menggunakan berbagai alat canggih dengan mudah. Tidak hanya itu saja, para kaum milenial juga dengan mudah membuat konten digital di Indonesia dengan menggunakan berbagai jenis platform digital yang tersedia seperti website, blog, hingga berbagai jenis sosial media lainnya, dengan menggunakan alat teknologi seperti SmartPhone, Laptop, Komputer, dan sebagainya.

Teknologi Digital Bagi Milenial sangatlah penting untuk diketahui. Dalam dunia pendidikan juga dapat dimanfaatkan oleh para kaum milenial di Indonesia. Penggunaan berbagai alat canggih seperti komputer dan juga smartphone sangat membantu para kaum milenial dalam mendapatkan berbagai sumber informasi mengenai berbagai jenis materi pembelajaran melalui aplikasi pendukung yang memiliki hubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu saja, para kaum milenial juga dapat mengakses beberapa materi pembelajaran dari berbagai negara dengan membuka website yang khusus yang berada di internet berisis tentang materi pembelajaran. Tidak hanya itu saja, para kaum milenial juga memanfaatkan berbagai jenis teknologi digital sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan minat dalam belajar khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Tidak hanya dalam dunia pendidikan saja tetapi dalam dunia perbankan juga bisa dimanfaatkan oleh para kaum milenial. Dengan adanya perkembangan zaman yang membuat berbagai jenis teknologi digital di Indonesia menjadi semakin canggih. Teknologi dalam dunia perbankan adalah dengan adanya mesin ATM, mobile banking dan sebagainya yang dapat mempermudah para nasabah khususnya para kaum milenial dalam melakukan penarikan uang dan melakukan transaksi serta mengatur keuangan mereka dengan baik.

Kemudian, pemanfaatan teknologi digital di dunia pekerjaan juga, tidak luput dari para kaum milenial. Dengan adanya berbagai inovasi yang ada dalam teknologi digital, sangat memudahkan pekerjaan para kaum milenial. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi produk atau jasa. Dan juga dengan adanya E-commerce juga dimanfaatkan oleh para kaum milenial untuk menjadi sarana jual beli secara online. Tidak hanya itu saja, ada beberapa bidang lainnya juga yang dirasakan dan juga dimanfaatkan oleh para kaum milenial di Indonesia. Contohnya adalah pada bidang kesehatan, hobi, gaya hidup, dan lain sebagainya. Peran dari teknologi informasi dan teknologi digital di Indonesia bagi kaum milenial ini tidak terhindar dari alat canggih seperti komputer, smartphone, televisi, dan perangkat canggih lainnya. Karena hal itu, sebaiknya peningkatan dan pengembangan dari berbagai jenis teknologi digital di Indonesia akan selalu ditunggu oleh para kaum milenial. Karena para kaum milenial lah nanti yang akan menikmati dan menggunakan serta memanfaatkan hal tersebut dengan baik, tepat, dan juga efisien.

Teknologi Digital yang berkembang saat ini sangat berarti bagi kaum milenial, karena mereka lah yang akan menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik dan benar. Tidak hanya itu saja para kaum milenial juga pasti akan terus mengembangkan dan memperbaharui Teknologi Digital dan Teknologi Informasi akan semakin maju lagi.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi dan informasi lainya bisa mampir ke prodi informatika dan sistem informasi terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

Sumber : https://digitalbisa.id/artikel/manfaat-teknologi-digital-bagi-kaum-milenial-indonesia-g224k

https://www.freepik.com/free-photo/group-people-looking-digital-tablet-with-social-media-icons-workplace_2610628.htm

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih