Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari

Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari

Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari

 

Author: Nurohman Mahasiswa Prodi informatika Universitas AlmaAta 

Sistem informasi telah menjadi elemen integral dalam kehidupan sehari-hari kita. TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK mengacu pada penggunaan teknologi dalam mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mentransmisikan informasi serta komunikasi antara orang dan perangkat. Teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, seperti komputer, jaringan, Internet, dan aplikasi digital. Sementara itu, teknologi komunikasi mencakup perangkat dan layanan seperti telepon, fax, e-mail, pesan instan, dan jejaring sosial.

Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari telah banyak berdampak pada cara orang berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerja. TIK telah memungkinkan akses lebih mudah dan cepat ke informasi dan mempercepat proses bisnis dan produksi. Selain itu, TIK juga telah menciptakan banyak pekerjaan baru dalam bidang teknologi dan memberikan kemudahan untuk bekerja jarak jauh atau bekerja dari rumah.

baca juga; 11 DAMPAK  TEKNOLOGI DALAM KESEHATAN

Dalam konteks pendidikan, Sistem informasi juga memberikan banyak manfaat. Misalnya, TIK memungkinkan akses lebih mudah ke sumber daya pendidikan dan informasi, dan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh melalui platform belajar daring. Selain itu, TIK juga memberikan kemampuan untuk mengevaluasi dan memonitor kemajuan belajar siswa, dan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam pengalaman belajar yang lebih interaktif dan terlibat.

Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari tidak dapat diabaikan. TIK memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia sejak era informasi. Penggunaan ICT sangat memudahkan berbagai perusahaan untuk melakukan bisnis dengan klien, pemasok, dan distributor.  Dan hal ini juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. ICT memiliki dampak yang sangat besar pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, pada saat menggunakan koran online untuk membaca koran lokal. Dan contoh lainnya adalah dengan anda dapat terhubung dengan orang lain yang sedang berada di luar negeri menggunakan email, WhatsApps, Instagram, dan sebagainya.

TIK saat ini merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi dan teknologi untuk mendapatkan berbagai keuntungan dan keunggulan yang kompetitif nasional. Dapat juga untuk meningkatkan kualitas dari hidup seorang manusia karena hal tersebut dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dan juga sebagai media pendidikan, yaitu seperti media massa yang digunakan sebagai salah satu media untuk melakukan promosi dan mengkampanyekan isu-isu praktis dan penting bagi seperti berita, kesehatan dan lainnya. Hal ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas dan membantu dalam memperoleh dan mengakses informasi lainnya.

Penggunaan TIK dalam dunia pendidikan dapat menambah nilai dari pendidikan dan pembelajaran dengan meninkatkan efektivitas pembelajaran atau dengan menambahkan beberapa dimensi dalam media pembelajaran yang sebelumnya belum tersedia. TIK dapat menjadi faktor pendukung dan motivasi yang sangat penting dalam pembelajaran siswa dan juga dapat mendukung ketertiban dari siswa dalam setiap pembelajaran yang kolaboratif.

Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari tidak bisa dipandang sebelah mata saat ini, muncul dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang sangat berarti tentang berbagai jenis komputasi dan perangkat komunikasi, perangkat lunak yang mengoperasikan berbagai jenis aplikasi yang berjalan diatasnya,  dan juga ada berbagai jenis sistem yang dibangun dengan menggunakannya. Namun faktanya, dalam kehidupan di dunia digital yang terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. TIK juga memengaruhi hampir setiap aspek dalam kehidupan manusia, mulai dengan dari berbagai pekerjaan hingga dalam melakukan sosialisasi, belajar, dan saat bermain game. Dalam era digital sekarang ini telah merubah cara anak muda dalam komunikasi, berjejaring, mencari bantuan, mengakses informasi dan belajar. Dan harus diakui bahwa anak muda pada zaman sekarang menjadi populasi online dan akses dilakukan memalui berbagai jenis sarana seperti TV, Komputer, dan juga SmartPhone. Teknologi pendidikan yang saat ini populer digunakan oleh berbagai instansi adalah E-Learning.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dikarena kan manusia saat ini sangat mengandalkan kemampuan yang cepat dan praktis. Dalam hal ini TIK menawarkan kemampuan tersebut agar memudahkan semua kepentingan dari manusia tersebut.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang dunia teknologi  bisa join ke prodi informatika  terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

 

Refrensi

amikompurwokerto.ac.id/pentingnya-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dalam-kehidupan-sehari-hari/

 

1 Comment

Pingbacks

  1. […] Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih