PERAN TEKNOLOGI DALAM PRODUKSI PESAWAT TERBANG

PERAN TEKNOLOGI DALAM PRODUKSI PESAWAT TERBANG

PERAN TEKNOLOGI DALAM PRODUKSI PESAWAT TERBANG

freepik

Inilah PERAN TEKNOLOGI DALAM PRODUKSI PESAWAT TERBANG. Dapat dikatakan bahwa teknologi pesawat terbang abad ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Pesawat udara digunakan sebagai alat penunjang, mulai dari kebutuhan transportasi hingga kebutuhan pertahanan dan keamanan. Selain itu, peran informatika dalam pengembangan dan produksi pesawat terbang tidak bisa diabaikan. Karena penting nya teknologi pesawat pada saat ini. Pengembangan dan produksi dari pesawat pun turut menyertai penting nya teknologi pesawat pada saat ini. Namun , tak banyak orang yang mengetahui proses dan tahapan pembuatan pesawat serta bagaimana informatika mempengaruhi aspek ini. Tak hanya itu, proses dan tahapan pembuatan pesawat pun terbilang cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang lama. Namun sebenarnya secara garis besar proses pembuatan pesawat cukup simple sih dengan kontribusi informatika yang signifikan.

baca juga; Pentingnya Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sehari-Hari

Nah, pada artikel ini akan dibahas nih mengenai proses pembuatan pesawat yang tentunya mudah dipahami. Yuk mari kita simak artikel berikut ini ! Berikut PERAN TEKNOLOGI DALAM PRODUKSI PESAWAT TERBANG

  1. Desain 

Tahap desain menjadi tahap paling awal dalam pengembangan sebuah pesawat. Dilansir dari laman aircraftcompare pada tahap ini para insinyur akan menyusun sebuah cetak biru atau yang bisa disebut sebagai blueprint. Dan didalam proses ini sebuah komputer khusus digunakan oleh insinyur untuk menggambar, merencanakan, dan memodelkan desain pesawat yang akan dibuat. Menurut situs Oxford Saudia, tahap proses desain ini bisa memakan waktu hingga empat tahun dari desain awal hingga pesawat benar-benar dibuat.

  1. Simulasi

Setelah tahap desain, para insinyur mulai mensimulasikan kinerja pesawat berdasarkan perhitungan mereka. Jadi pada tahap ini sebuah desain pesawat difokuskan untuk perhitungan serta pemodelan efek angin yang terjadi ketika pesawat itu diterbangkan. Pada tahap ini, para insinyur biasanya menggunakan pesawat mini dan mensimulasikannya di terowongan angin. Insinyur kemudian memodelkan hasil simulasi menggunakan komputer khusus.

  1. Konstruksi

Nah, setelah seluruh tahapan desain dan simulasi pesawat telah selesai. Pada tahap ini, kami akan mulai memproduksi komponen pesawat terbang. Komponen utama seperti badan pesawat, sayap dan mesin mulai diproduksi. Adapun untuk komponen-komponen yang lebih kecil yang bisa mencapai ribuan juga dibuat pada tahap ini.

Seringkali komponen-komponen pesawat tersebut dibuat terpisah dibeberapa perusahaan lainnya. Bahkan perusahaan skala besar seperti Boeing pun sering membeli beberapa komponen kepada perusahaan lain yang berspesialisasi dalam membuat bagian pesawat tertentu tulis lamanaircraftcompare. Namun pada tahap ini juga beberapa komponen yang lebih kecil juga perlu disatukan dengan cara pengelasan sebut laman Oxford Saudia. Dan proses tersebut pun harus memenuhi peraturan dan standar yang ketat dan spesifik.

  1. Perakitan

Setelah bagian-bagian pesawat tersebut sudah jadi pada tahap sebelumnya, kemudian bagian-bagian pesawat tersebut mulai dikirim ke pabrik utama untuk mulai dirakit. Pada tahap ini bagian-bagian pesawat seperti badan dan sayap pesawat akan mulai disatukan, begitu juga dengan mesin dan komponen-komponen lainnya yang akan mulai dapasang pada pesawat tersebut. tetapi terkadang produksi pesawat yang paling didedikasikan adalah tahap ini, terlebih jika pesawat tersebut berukuran besar. Dan selanjutnya, setelah semua bagian pesawat dirakit dan disatukan, pesawat tersebut akan benar-benar diperiksa secara teliti untuk mencari kecacatan.

  1. Pengujian

Tahap yang terakhir dalam proses pembuatan pesawat adalah tahap pengujian. Saat ini, pesawat akan melakukan serangkaian uji terbang. Dan benar-benar dipastikan seluruh sistem, termasuk sistem informasi, berjalan dengan baik dan lancar. Setelah langkah ini, mesin akan dikirimkan ke pelanggan. Namun sebelum pengiriman pesawat, sistem informasi juga berperan dalam pengelolaan informasi terkait pemesanan dan pengiriman, serta dilakukan pengecatan terlebih dahulu pada pesawat sesuai keinginan pelanggan. Nah, beberapa tahapan tersebut menjadi proses dalam membangun pesawat. Dan semoga pembahasan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasanmu yaa.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang dunia teknologi  bisa join ke prodi informatika  terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

https://www.freepik.com/free-vector/aircraft-airplanes-maintenance-service-repair-isometric-infographics-with-human-characters-workers-engine-parts-text-vector-illustration_

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih