14 Dasar Shorcut Untuk Windows

14 Dasar Shorcut Untuk Windows

14 Dasar Shorcut Untuk Windows

 

Author; Nurohman

https://www.pexels.com/id-id/foto/keyboard-kibor-papan-ketik-merapatkan-13728043/Saat ini hampir di semua lini kehidupan masyarakat selalu bersinggungan dengan komputer maupun laptop. Prodi Informatika adalah salah satu bidang yang sangat relevan dalam era digital ini. Dalam penggunaan komputer, terdapat berbagai macam perintah dan fungsi yang harus diakses dengan cepat.

baca juga: 5 Cara Screenshot Dikomputer

14 Dasar Shorcut Untuk Windows ini adalah salah satu cara juga untuk meningkatkan efisiensi dalam berinteraksi dengan komputer adalah melalui penggunaan shortcut. Shortcut merupakan pintasan atau jalan tercepat untuk mengakses fungsi yang ingin kalian gunakan. Dengan adanya shortcut ini, aktivitas kalian saat menggunakan komputer, terutama dalam bidang Prodi Informatika, akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Apa saja shorcut windows yang sangat perguna dan harus banget kita hapal? Yuk mari kita kulik one by one.

  1. Ctrl + S (untuk menyimpan)

Shorcut yang satu ini pasti sudah hampir setiap orang yang menggunakan personal computer ataupun laptop mengetahuinya.   S disini memiliki makna save yang memiliki arti simpan. Sesuai dengan fungsinya, ctrl+s berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file didalam sebuah folder.

  1. Ctrl + C (untuk menyalin)

Sama halnya dengan ctrl+s, sepertinya shortcut yang satu ini sudah sangat dihapal pagi semua pengguna komputer maupun laptop. Ctrl+c berfungsi untuk menyalin hal apa saja dengan mudah.

  1. Ctrl + V (untuk menempelkan)

Fungsi shortcut yang satu ini selalu beriringan dan pasti akan selalu digunakan setelah kalian menggunakan shortcut ctrl+c.  Shortcut ctrl+v memiliki kegunaan untuk menempelkan sesuatu yang telah di copy sebelumnya.

  1. Ctrl + B 

Shortcut ini memiliki kegunaan untuk memberikan kesan atau efek tebal (bold) pada suatu huruf, angka, kata maupun kalimat sesuai dengan yang kita kehendaki.

  1. Ctrl + U

Kegunaan dari shortcut Ctrl+U yakni untuk memberi garis bawah (underline) suatu huruf, angka, kata maupun kalimat sesuai dengan yang kita kehendaki.

  1. Ctrl + A

Nah, intuk shortcut yang satu ini sama populernya dengan beberapa shortcut sebelumnya yang sudah dipaparkan. Dan pasti sudah banyak yang mengetahuinya.

Fungsinya yaitu untuk memilih seluruh file, folder, atau apapun yang ingin kita pilih seluruhnya. Hal ini memudahkan kalian sehingga kalian tidak perlu melakukannya satu persatu yang pasti akan memakan waktu yang lebih lama.

  1. Ctrl + Z (Undo)

Jika ada shortcut yang ingin kalian miliki didalam kehidupan nyata, pasti ini salah satunya. Yup, shortcut ini memiliki fungsi untuk mengembalikan keadaan seperti keadaan semula sebelum kalian melakukan kesalahan.

Jadi jika kalian ingin membatalkan kesalahan yang kalian lakukan pada saat mengoperasikan komputer, misalnya sedang menggunakan microsoft office maka kalian hanya perlu menekan shortcut ctrl+z.

  1. Ctrl + Y(Redo)

Lawan dari Undo adalah redo. Seperti yang kalian kira, fungsi ataupun kegunaan dari shortcut ini adalah untuk mengembalikan keadaan ke saat setelahnya.

  1. Ctrl + X (cut)

Shortcut ini memiliki yang sampir sama dengan ctrl+c, hanya saja yang membedakan adalah jika menggunakan chortcut ini maka file, gambar ataupun teks yang kalian cut akan dihapus dan berpindah ke tempat yang kalian inginkan. Sama halnya dengan Ctrl+C, shortcut ini juga digunakan bersamaan dengan Ctrl+V ya setelahnya.

  1. Ctrl + F (Find)

Dari namanya saja kalian sudah bisa menebak ya? Find alias menemukan. Benar sekali, shortcut tersebut bisa digunakan untuk menemukan sesuatu hal yang ingin kalian cari di komputer ataupun laptop kalian.

Caranya pun sangat mudah, kalian tinggal menekan tombol Ctrl+F secara bersamaan, setelah itu masukkan kata kunci yang akan kalian cari.

  1. Ctrl + N (Open New)

Shortcut ini akan memudahkan kalian untuk membuka file, folder ataupun tab baru dengan sangat mudah dan cepat.

  1. Ctrl + H

Untuk shortcut yang satu ini mungkin belum terlalu familier, atau bahkan mungkin justru sudah banyak dikenal? Ctrl+H bisa digunakan untuk me replace atau mengganti kata.

Kalian akan diminta untuk memasukkan kata yang ingin kalian ganti dengan kata pengganti yang baru. Dan dalam sekejap semuanya akan berubah menjadi kata pengganti sesuai yang baru saja kalian ganti. Misal kalian ingin mengganti kata kamu menjadi kau. Maka seluruh kata ‘kamu’ didalam file tersebut akan berganti menjadi ‘kau’.

  1. Win+L (lock screen)

Buat kalian yang buru-buru mau pergi meninggalkan laptop atau komputer kalian, gunakan shortcut ini untuk mengunci layar. Gampang banget kan? Tinggal tekan dua tombol secara bersamaan maka tring dalam sekejap layar akan terkunci. Jadi aman deh kalau ditinggal !

  1. Win+M

Malas geser-geser kursor mouse untuk meminimalkan semua aplikasi yang sedang terbuka? Eits gak perlu khawatir. Dengan shortcut ini kalian bisa meminimalkan semua aplikasi yang sedang berjalan sekaligus loh.

Sebenanrnya masih ada banyak shortcut yang ada, namun minimal kalian harus menghafal 14 shorcut ini ya. Supaya anda dapat mengoperasikan komputer kalian dengan lebih mudah!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar dunia teknologi dan informasi lainya bisa mampir ke prodi informatika dan sistem informasi terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

Refrensi

Amira, “Berguna, 12 Shortcut Windows Paling Penting untuk Dihapal,” IDN Times, Apr. 05, 2023. https://www.idntimes.com/tech/trend/eka-amira-yasien/kumpulan-shortcut-keyboard-windows-paling-penting?page=all (accessed May 23, 2023).

Novi Fuji, “Mengenal Fungsi Ctrl A-Z yang Wajib Diketahui, Berikut Penjelasannya | merdeka.com,” merdeka.com, Sep. 20, 2022. https://www.merdeka.com/jabar/mengenal-fungsi-ctrl-a-z-yang-wajib-diketahui-berikut-penjelasannya-kln.html (accessed May 23, 2023).

https://www.freepik.com/free-photos-vectors/two-people-discussing

 

 

2 Comments

Pingbacks

  1. […] 14 Dasar Shorcut Untuk Windows […]

  2. […] baca juga; 14 Dasar Shorcat untuk  windows  […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami perihal Penerimaan Mahasiswa Baru..
Terimakasih